Mekah – BPKH Limited mengambil langkah cepat dan bertanggungjawab dalam merespons kekurangan layanan konsumsi bagi jemaah haji Indonesia.
Mereka diketahui telah menyalurkan uang kompensasi kepada lebih dari 42 ribu jemaah haji asal Indonesia, dengan nilai hingga Rp 3,7 miliar.
Menurut Direktur BPKH Limited Sidiq Haryono, hingga Minggu, 16 Juni lalu, lebih dari 42 ribu jemaah telah menerima kompensasi atas layanan konsumsi yang tidak tersalurkan.
Total nilai kompensasi yang telah dibayarkan mencapai lebih dari 862.000 SAR, atau jika dirupiahkan nilainya mencapai hingga Rp 3,7 miliar.
Menurut Sidiq, langkah ini merupakan bentuk tanggung jawab institusi serta wujud kepedulian terhadap jemaah haji Indonesia atas kejadian tersebut.
“Ini bukan sekadar bentuk pemulihan, tapi juga simbol penghormatan atas hak-hak jemaah,” kata Sidiq.
“Kami berharap langkah ini menjadi standar yang diteladani oleh seluruh penyedia layanan haji, demi menjaga integritas dan kualitas pelayanan,” katanya menambahkan.
Penyaluran kompensasi dilakukan secara transparan dan cepat. Sejalan dengan prinsip keadilan dan akuntabilitas, yang dijunjung oleh BPKH Limited.
Perusahaan juga telah melakukan evaluasi menyeluruh dan menerapkan sejumlah perbaikan untuk memastikan kejadian serupa tak terulang.
BPKH Limited juga berharap inisiatif ini dapat menjadi contoh bagi syarikah dan penyedia layanan haji, agar turut bertanggungjawab apabila terjadi kendala.
Kompensasi yang cepat dan tepat merupakan wujud kepekaan serta kepedulian terhadap hak-hak jemaah, dalam menjalankan ibadah haji secara khusyuk dan nyaman.
Di musim haji ini, BPKH Limited sendiri mendapatkan mandat untuk mengelola berbagai aspek layanan haji. Termasuk penyediaan makanan siap saji, fresh meal, bumbu nusantara serta pengelolaan area komersial.
Selain itu, BPKH Limited juga mendukung pengadaan lapak kuliner Nusantara dan layanan kargo barang untuk jemaah.
Sebagai entitas anak perusahaan dari BPKH RI yang berbasis di Arab Saudi, BPKH Limited juga terus berupaya menjaga kepercayaan publik.
Melalui layanan profesional dan berdampak langsung bagi kenyamanan ibadah jemaah haji Indonesia. ****