260 Ribu Lebih Warga Garut Gunakan Hak Pilihnya di Pilkades Serentak Tahun 2023

oleh -878 Dilihat

Pelaksanaan Pilkades di Garut diklaim berjalan lancar. (Foto: M Azi Zulhakim/Pemda Garut)

Tarogong Kaler – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Gelombang 2 tahap 2 tahun 2023 sukses digelar di Kabupaten Garut. Ajang pesta demokrasi masyarakat desa ini, diharapkan bisa melahirkan pemimpin yang jujur dan amanah.

Pilkades serentak ini dilaksanakan pada hari Senin, 15 Mei 2023 kemarin. Dari 421 desa yang ada di Garut, ada 82 desa di 28 kecamatan yang menggelar pemilihan nahkoda baru.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Garut, Wawan Nurdin, Pilkades sukses digelar dengan aman, lancar, tertib dan juga kondusif.

“Alhamdulillah gelaran Pilkades 2023 ini sukses dan lancar,” kata Wawan seperti dikutip Garut Update dari keterangan tertulis yang dirilis Humas Pemda Garut, Selasa, 16 Mei 2023.

Wawan menjelaskan, total ada 266.602 warga yang memberikan hak pilihnya di ajang Pilkades 2023 ini, dari total 335.036 masyarakat yang masuk ke dalam daftar pemilih tetap (DPT).

“Adapun pelaksanaannya, digelar di 760 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan diikuti oleh 308 calon kepala desa,” katanya.

Fakta unik yang tersisa dari gelaran Pilkades Garut 2023 ini, adalah dari total 61 kepala desa incumbent yang kembali mencalonkan diri lagi menjadi kepala desa, hanya 29 orang di antaranya yang berhasil terpilih kembali.

“Adapun kaum perempuan yang mengikuti kontestasi sebanyak 14 orang dan yang terpilih 4 orang,” ujar Wawan.

Sementara Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, usai digelarnya Pilkades serentak tahun 2023 ini, pihaknya berharap agar Pilkades melahirkan para pemimpin yang amanah dan siap mengabdi kepada masyarakat.

“Semoga mereka yang terpilih bisa amanah, dan mengemban tugas dengan baik,” ujar Rudy.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.