30 Hektare Lahan Gunung Sadakeling Hangus Gegara Kebakaran

oleh -1018 Dilihat
Leles РKebakaran terjadi di Gunung Sadakeling, yang berada di Kecamatan Leles, Garut. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut mengkonfirmasi, ada 30 hektare lahan yang hangus terbakar akibatnya.

Hal tersebut diungkap Kepala Pelaksana BPBD Garut Aah Anwar Saefulloh, saat diwawancarai wartawan via pesan singkat, pada Minggu, 1 Oktober 2023 pagi. Aah mengatakan, berdasarkan pendataan sementara yang dilakukan pihaknya, ada puluhan hektare lahan yang terbakar.
“30 Hektare. Lahan perhutani (yang terbakar),” kata Aah.
Kebakaran yang berlangsung di Gunung Sadakeling ini, kata Aah, bermula dari Gunung Kancil yang ada di dekatnya. Aah menjelaskan, api dari Gunung Kancil kemudian menjalar ke Gunung Sadakeling hingga membuat kebakaran makin meluas dan besar.
Akibatnya, ada tiga daerah yang terbakar cukup parah di Cibatu dan Sukawening. Yakni Blok Pasir Angin, Kampung Kancil, Desa Karyamukti dan Kampung Babakan Kandang, Desa Wanakerta. Serta di Desa Padasuka, Kecamatan Cibatu.
Penyebab kebakaran sendiri, berdasarkan informasi yang didapat oleh petugas BPBD, diduga dipicu karena gesekan antar benda kering, yang terjadi di hutan. Hal ini didukung cuaca panas yang cukup terik, yang menyorot kawasan tersebut dalam beberapa hari terakhir.
“Objek yang terbakar adalah pepohonan kering. Lokasinya jauh dari pemukiman warga,” ungkap Aah.
Saat ini, sebagian besar titik api yang ada di Gunung Sadakeling dan Gunung Kancil sudah dapat dipadamkan. Kendati demikian, menurut Aah, saat ini petugasnya masih melakukan penyisiran di lokasi, untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran susulan.
(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.