Bupati Garut Buka Resmi Pelaksanaan Uji Kompetensi Talentpool Bagi Pengawas dan Subkor

oleh -907 Dilihat

Pembukaan Uji Kompetensi Talentpool_ yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Harmoni, Jl. Cipanas Baru, Pananjung, Garut, Selasa (06/06/2023).
(Foto: Deni Seftiana/ Bagus/ Moch Ahdiansyah/ Diskominfo Garut)

GARUT, Tarogong Kaler – Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Garut menyelenggarakan Uji Kompetensi Talentpool yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Harmoni, Jl. Cipanas Baru, Pananjung, Garut, Selasa (06/06/2023). Pelaksanaan uji kompetensi yang diikuti 512 pengawas dan sub koordinator (subkor) ini dibuka secara langsung oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, dalam sambutannya menegaskan, bahwa dirinya selaku Pembina Kepegawaian Daerah hanya akan mengangkat 3 besar yang memenuhi syarat, diantaranya yaitu kompetensi, kualifikasi, dan perilaku kerja.

“Di dalam Perbup Nomor 7 Tahun 2007 tahun 2023, dalam suksesi dalam rangka talenta, merit sistem itu disampaikan bahwa penilaian PNS itu terhadap 3 hal yaitu kompetensi, kualifikasi dan perilaku kerja,” ucapnya.

Ia berharap, peserta Uji Kompetensi Talentpool dapat melaksanakan uji kompetensi tersebut dengan serius. Ia mengatakan, peningkatan karir PNS tidak menggunakan pendekatan, namun semuanya diukur melalui sistem, sehingga panitia seleksi dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan pegawai secara individu.

“Jadi saudara tidak seenaknya saja jadi PNS karena deket jeung Bupati, ngabantuan pilkada Bupati, jadi timses Bupati itu sudah tidak lagi. Sekarang sistem nya sudah benar-benar kepada kompetensi, kualifikasi dan perilaku kerja,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi BKD Kabupaten Garut, Widi Astuti Handayani menyampaikan bahwa kegiatan Uji Kompetensi Talentpool bagi Pejabat Pengawas setingkat eselon IVa dan Sub Koordinator ini berlangsung selama 3 hari dari 6 Juni – 8 Juli 2023.

Maksud dan tujuan dari uji kompetensi ini, imbuhnya, adalah guna mengetahui dan mengukur tingkat kompetensi manajerial dan sosial kultur setiap pejabat pengawas dan sub koordinator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut.

Selain itu, bertujuan memperoleh data mengenai potensi dan kompetensi untuk talentpool pejabat pengawas dan sub koordinator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut.

“Yang ketiga, menyusun pelaksanaan merit sistem yang efektif dan efisien dengan tetap mengacu pada peraturan yang berlaku,” lanjutnya.

Widi menerangkan, bahwa uji kompetensi ini difasilitasi oleh Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat yang menugaskan 7 orang asesor SDM sebagai penguji bagi pejabat pengawas dan subkor di Kabupaten Garut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.