Bupati Garut Kukuhkan Anggota Paskibraka Kabupaten Garut Tahun 2023

oleh -1022 Dilihat

Paskibraka asal Garut. (Foto: Pemkab Garut)

Garut Kota – Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke -78 Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Garut telah menandai momen yang khidmat dan bersejarah. Sebanyak 35 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Garut Tahun 2023 telah resmi dikukuhkan untuk bertugas dalam perhelatan tersebut. Pelantikan dilakukan oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, dalam sebuah prosesi yang penuh makna di Gedung Pendopo Garut, Selasa, 15 Agustus 2023.

Dalam suasana yang penuh khidmat, Bupati Garut mewakili Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut, mengucapkan selamat kepada para anggota Paskibraka yang telah dikukuhkan. Ia mengapresiasi upaya dan dedikasi mereka dalam menghadapi seleksi ketat untuk menjadi bagian dari kelompok yang memegang tugas prestisius ini, menjadi Paskibraka di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Garut.

Bupati Garut menegaskan pentingnya peran para Paskibraka dalam mewujudkan semangat Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Ia mengakui bahwa dari ratusan pemuda Kabupaten Garut yang mengikuti seleksi Calon Paskibraka (Capaska), para anggota Paskibraka telah melewati tahap seleksi yang ketat dan menjalani pelatihan intensif. 

Dalam pidato penuh haru, ia memberikan penghargaan kepada Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Garut yang telah mendukung latihan dan pembinaan para anggota Paskibraka. Tugas berat yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada PPI, menjadi tantangan tersendiri agar para Paskibraka bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Kami berharap saudara akan menjadi kebanggaan keluarga, karena dari ribuan orang ingin ditetapkan sebagai anggota Paskibraka, masuk ke dalam jajaran PPI, PPI ini adalah satu organisasi pengibar bendera seluruh Indonesia, yang mempunyai jiwa korsa, persatuan, dan kesatuan yang sangat luar biasa,” ujar Rudy.

Bupati Garut berharap ke-35 pemuda-pemudi yang hari ini dikukuhkan, bisa mengamalkan semua ikrar yang dijanjikan, sehingga bisa menjadi seorang manusia yang mempunyai jiwa ksatria berdasarkan ideologi Pancasila dan didasarkan kepada Undang-Undang Dasar Tahun 1945

“Saudara akan menjadi teladan, ketika saudara ada di sekolah setelah selesai melaksanakan tugas sebagai pengibar bendera, kalian juga akan menjadi bagian dari masyarakat, dan tentu kalian akan menjadi sesuatu kelak di kemudian hari,” ucapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa selama menjabat sebagai Bupati Garut selama hampir kurang lebih 10 tahun lamanya, dirinya telah mengukuhkan 10 kali Paskibraka Kabupaten Garut, dan menurutnya anggota Paskibraka yang ia kukuhkan 10 tahun yang lalu, semuanya sudah berhasil dan menjadi orang yang dibanggakan oleh keluarganya.

“Kita semua bangga di ruangan ini kepada kalian, sekali lagi jangan sia-siakan apa yang dikomitmenkan oleh saudara dari pengakuan-pengakuan tadi, segera saudara amalkan dan saudara laksanakan dalam kehidupan sehari-hari, sebagai agen perubahan yang berjiwa Pancasila dan ber ksatria sesuai dengan makna Undang-Undang 1945,” ungkapnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Garut, Nurrodhin, menyampaikan tema pendidikan dan pelatihan Paskibraka tahun ini menekankan disiplin, tanggung jawab, dan kemandirian. Tujuan utama adalah menciptakan generasi muda yang beriman, berakhlak mulia, cerdas, dan memiliki kepemimpinan yang kuat.

Dalam upaya seleksi, Kabupaten Garut melibatkan 6 wilayah, yaitu wilayah 1 dilaksanakan di SMAN 14 Garut, wilayah 2 dilaksanakan di SMAN 30 Garut, wilayah 3 dilaksanakan di SMAN 7 Garut, wilayah 4 dilaksanakan di SMAN 27 Garut, wilayah 5 dilaksanakan di SMPN 1 Leuwigoong, dan wilayah 6 dilaksanakan di SMKN 2 Garut.  

Dari ribuan peserta, 35 pemuda-pemudi terpilih untuk menjadi anggota Paskibraka. Hal ini merupakan langkah penting dalam mendorong partisipasi dan semangat patriotisme di kalangan generasi muda.

“(Dan untuk) seleksi tingkat Kabupaten dilaksanakan di SMKN 2 Garut pada tanggal 25 dan 26 Februari 2023, yang diikuti oleh sebanyak 145 orang, dan terpilih untuk melanjutkan pendidikan sebanyak 35 orang,” tuturnya.

Nurrodhin mengatakan, tahun ini Kabupaten Garut kembali mengirimkan perwakilannya menjadi Paskibraka di tingkat Provinsi Jawa Barat sebanyak satu orang atas nama Angga Prayogo yang berasal dari SMKS ICP WBN Pakenjeng.

Sementara itu, Ketua PPI Kabupaten Garut, Herri Juliardi Taufiq, mengungkapkan bahwa Paskibraka Kabupaten Tahun 2023 mewakili keberagaman Kabupaten Garut. Dari berbagai kecamatan, mereka bersatu dalam semangat untuk melayani dengan dedikasi dan tanggung jawab. 

Pelatihan dan pembinaan yang ketat, serta perwakilan Kabupaten Garut di tingkat provinsi, menunjukkan komitmen dan semangat yang tinggi dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78.

Herri juga mengatakan bahwa sejak tanggal 8 Agustus 2023 lalu, para Paskibraka Garut mulai masuk pengasramaan untuk mengikuti Pusdiklat dan pembinaan Paskibraka di Hotel Suminar selama 10 hari sampai tanggal 18 Agustus 2023 nanti.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.