Dianggap Tak Becus Urus Desa, Warga Panggalih Minta Kades Mundur

oleh -912 Dilihat

Warga Panggalih Temui Bupati, Minta Kepala Desa Turun Dari Jabatannya. (Foto: Garut Update)

Cisewu – Warga Desa Panggalih meminta agar kepala desa mereka diberhentikan. Perwakilan dari mereka bahkan mendatangi Bupati, agar sang kades bisa digulingkan.

Ade Saca, salah seorang warga desa yang berada di Kecamatan Pakenjeng itu mengatakan, pihaknya ingin kepala desa mundur dari jabatannya.

“Kami ingin yang bersangkutan mundur dari jabatannya. Sudah banyak hal yang membuat kami berang,” kata Ade.

Menurut Ade, kepemimpinan kepala desa saat ini carut-marut. Ada beragam hal, yang membuat masyarakat marah, katanya.

“Misalnya setiap ada bantuan, itu masuk ke RW itu sudah dalam keadaan dipotong. Jadi membuat RW bingung karena mereka berhadapan langsung dengan warga,” katanya.

Imbas dari hal tersebut, kata Ade, sebanyak 6 dari 7 rukun warga yang ada di desanya, mengundurkan diri belum lama itu. Hal tersebut, disebut warga merupakan salah satu cerminan bobroknya kepemimpinan di desa setempat.

Niat yang keukeuh untuk menggulingkan sang kepala desa itu, saat ini sedang diperjuangkan oleh sekelompok warga dari Desa Panggalih.

Bahkan, pada Kamis, 1 Juni 2023 lalu, sejumlah perwakilan masyarakat mendatangi kantor pemerintah kabupaten, dan bertemu langsung dengan Bupati Garut Rudy Gunawan.

Kepada bupati, perwakilan masyarakat dipimpin Ade menyerahkan ribuan tanda-tangan yang diklaim merupakan dari masyarakat, yang setuju agar kepala desa diberhentikan.

“Kita juga sudah menyerahkan data penting ke Pak Bupati soal dugaan masalah dana desa. Kami juga rencananya akan melapor ke kejaksaan negeri,” pungkas Ade.

Sementara Bupati Garut Rudy Gunawan yang menerima aduan dari masyarakat itu mengatakan, dirinya mendorong agar masyarakat mengadakan musyawarah dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk menentukan langkah berikutnya.

“Silakan dengan BPD. Karena BPD adalah DPRD-nya desa. Tapi ini (berkas), akan saya bawa ke inspektorat,” ucap Rudy.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.