Dokter dari Dinkes Jemput Bola Obati Masyarakat Miskin di Rumah

oleh -862 Dilihat

Ilustrasi dokter mengobati masyarakat. (Foto: Pemda Garut)

Tarogong Kidul – Sejumlah dokter dan petugas kesehatan, dikerahkan oleh Pemda Garut untuk mendatangi rumah masyarakat miskin yang sedang sakit. Mereka akan melakukan pengecekan, hingga mengobati masyarakat miskin hingga sembuh.

Sejumlah dokter dan petugas medis ini, diterjunkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Garut. Hal ini dilaksanakan, dalam rangka Gerakan Sehatkan Masyarakat Miskin (Gaskin) yang digagas oleh Dinkes Garut.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Garut Leli Yuliani, Gaskin merupakan program yang dijalankannya usai dilantik menjadi Kepala Dinas Kesehatan Garut, belum lama ini.

Gaskin diharapkan bisa menjadi solusi, bagi masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mengakses pelayanan kesehatan.

“Program ini lebih dekat dengan masyarakat. Petugas dari puskesmas mendatangi masyarakat dan mengecek kondisinya secara detil,” ujar Leli.

Leli menjelaskan, pada dokter dan petugas medis yang dikerahkan, merupakan mereka yang berdinas di seluruh puskesmas di Garut. Tim medis akan mengecek kondisi masyarakat secara detil di daerahnya.

“Masyarakat dicek kesehatannya. Apabila ada yang sakit, segera ditangani,” katanya.

Dibekali dengan beragam alat kesehatan, tim medis ini diklaim akan bergerak menyusuri perkampungan masyarakat. Masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah, menjadi target dari tim Gaskin ini.

Leli menambahkan, program Gaskin ini, dipantau langsung oleh pihaknya. Setiap puskesmas wajib melaksanakan perintah tersebut dan diwajibkan membuat pelaporan kegiatan mereka.

“Harapannya semua bisa sehat. Baik masyarakat yang berkemampuan, ataupun yang miskin. Dimana mungkin mereka kesulitan akses terhadap kesehatan karena keterbatasan finansial,” pungkas Leli.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.