Garut Dinobatkan Sebagai Kabupaten dengan Perencanaan dan Kinerja Terbaik Versi Bappenas

oleh -826 Dilihat

Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil Pemda Garut (Foto:Garut Update)

Garut – Pemerintah Daerah Kabupaten Garut, terpilih menjadi salah satu kabupaten, dengan perencanaan dan kinerja terbaik tahun 2023. Penghargaan ini, menjadi yang kesekian kalinya, yang berhasil diraih oleh Pemda Garut tahun ini.

Penghargaan kabupaten dengan perencanaan dan kinerja terbaik itu, diberikan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional di Jakarta, pada Selasa, 16 Mei 2023 kemarin, dalam kegiatan Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD).

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Garut, Didit Fajar Putradi, Kabupaten Garut masuk ke dalam satu dari 12 kabupaten di Indonesia, yang menerima penghargaan sebagai kabupaten dengan perencanaan dan kinerja terbaik tahun 2023.

“Alhamdulillah kita dinobatkan sebagai 1 dari 12 kabupaten yang menerima penghargaan tersebut. Penilaiannya bersaing dengan lebih dari 416 kabupaten yang ada di Indonesia,” kata Didit, seperti dikutip Garut Update dari keterangan tertulis yang dirilis Humas Pemda Garut, Rabu, 17 Mei 2023.

Didit menjelaskan, bukan perkara yang mudah bagi Pemda Garut untuk meraih titel ini. Sebab, Garut bersaing dengan 416 kabupaten yang ada di Indonesia, hingga akhirnya dinobatkan sebagai 1 dari 12 kabupaten dengan perencanaan kinerja terbaik tahun ini.

Penghargaan yang diraih oleh Pemkab Garut ini, sebelumnya telah melalui beberapa tahapan penilaian. Di antaranya tahap pertama yaitu penilaian dokumen Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) dan inovasi.

Kemudian tahap kedua, yaitu presentasi dan wawancara, dan tahap ketiga verifikasi di lapangan. PPD merupakan evaluasi komprehensif yang melibatkan tim penilai independen, yang terdiri dari para ahli dan profesional non pemerintah.

“PPD juga didukung oleh tim penilai utama lintas kementerian dan lembaga, serta penilai teknis berbagai sektor,” ucapnya.

Didit menambahkan, Kabupaten Garut telah meraih penghargaan PPD di tingkat Provinsi Jawa Barat sebanyak tujuh kali, yang kemudian menjadi nominasi sekaligus juara di tingkat nasional. 

Menurut Didit, Juara Terbaik ke-3 ini merupakan bentuk motivasi bagi Pemkab Garut untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Sesuai penyampaian Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, bahwa PPD menjadi pioner dalam membangkitkan evaluasi kreatif terhadap daerah untuk menguatkan motivasi, menyebarkan inspirasi, dan meningkatkan kualitas, serta sinergi pembangunan daerah yang lebih baik,” ucapnya.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.