Gold Medal! Timnas Indonesia Juara Sepak Bola Sea Games 2023

oleh -1030 Dilihat

Tim sepak bola Indonesia raih medali emas Sea Games 2023. (Foto: Istimewa/ twitter @pssi)

Garut – Tim sepak bola Indonesia sukses meraih medali emas di ajang Sea Games Kamboja 2023. Timnas berhasil mengalahkan Thailand di partai final.

Kepastian tim sepak bola Indonesia meraih medali emas Sea Games 2023 didapat, usai skuad asuhan Indra Sjafri berhasil menang atas Thailand di laga final dengan skor 5-2.

Pertandingan yang digelar di Olympic Stadium Phnom Penh Selasa, 16 Mei 2023 malam waktu setempat ini berjalan sengit. Jual-beli serangan langsung tercipta dari awal peluit panjang tanda laga dimulai ditiup wasit. 

Gol pertama bagi Indonesia terjadi pada menit ke-20. Gol bermula dari lemparan ke dalam, yang dilakukan oleh Alfeandra Dewangga. Lemparan jauh yang langsung mengarah ke gawang Thailand mampu dimanfaatkan oleh Muhammad Ramadhan Sananta hingga berbuah gol. 1-0.

Sebuah kejadian tak terduga, kemudian terjadi di waktu tambahan babak pertama. Rizky Ridho yang mendapatkan dropball dari wasit, langsung menendangnya ke area pertahanan lawan. Secara tak terduga, Sananta berhasil memenangkan duel dengan bek Thailand, dan menceploskan bola ke gawang. Skor kemudian berubah menjadi 2-0.

Di babak kedua, serangan Indonesia mulai kendor. Pemain Thailand mulai mampu mengimbangi permainan Indonesia yang memutuskan menarik beberapa pemain yang berlaga di babak pertama, seperti Ramadhan Sananta yang diganti Irfan Jauhari.

Thailand kemudian mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1 usai penyerang mereka, Anan Yodsangwal berhasil mencetak gol ke gawang Indonesia yang dikawal Ernando Ari.

Selepas gol tercipta, Thailand lebih mampu menguasai jalannya laga. Petaka bagi Indonesia, kemudian tercipta di masa injury time. Thailand yang terus menerus membombardir lini pertahanan skuad Garuda akhirnya berhasil mencetak gol penyama kedudukan lewat tendangan keras Yotsakorn Burapha.

Tensi pertandingan, kemudian makin memanas, usai terjadinya insiden di bangku pemain cadangan. Sejumlah pemain Thailand, merayakan kemenangan hingga ke depan bangku pemain cadangan Indonesia, sampai memicu emosi.

Lantaran skor yang sama kuat, pertandingan terpaksa harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu. Di menit-menit awal babak tambahan waktu, Indonesia berhasil menjebol gawang Thailand, lewat gol indah yang dicetak Irfan Jauhari.

Pertandingan makin memanas, usai insiden kembali terjadi di bangku cadangan. Bahkan, di momen kedua ini, sempat terjadi baku hantam antara para pemain dan official Thailand, dengan Indonesia. Akibatnya, bek Indonesia Komang Agung serta kiper Thailand Soponwit Rakyart diganjar kartu merah.

Setelah itu, Thailand seperti kehabisan bensin. Mereka kalah tenaga, hingga menyerah dari Indonesia lewat gol bertubi-tubi yang masing-masing dicetak Fajar Fathur Rahman dan pemain Persib Bandung Beckham Putra.

Thailand juga makin terpuruk usai dua orang pemainnya, Jonathan Khemdee dan Teerasak Poeiphimai diganjar kartu kuning kedua yang berbuah kartu merah. Skor akhir 5-2 bertahan hingga peluit panjang ditiup wasit. Garuda Muda akhirnya menang, dan penantian rakyat Indonesia akan medali emas Sea Games, akhirnya pecah setelah 32 tahun. Selamat!

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.