Kang Emil Update Progres Terkini Pembangunan Tol Bandung-Jateng

oleh -1044 Dilihat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Garut Update)

Tarogong Kidul – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan proses pembangunan tol yang akan menghubungkan Bandung menuju Jawa Tengah saat ini sedang memasuki proses pembebasan lahan.

Hal tersebut diungkap pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut, saat menghadiri kegiatan Silaturahmi Asep (Silaturasep) Sajagat, yang diselenggarakan di SOR RAA Adiwijaya, Garut pada Sabtu, 15 Juli 2023 siang.

“Cigatas masih pembebasan lahan,” kata Kang Emil.

Emil menjelaskan, tahapan terlama dalam pembangunan jalan tol ini, adalah pembebasan lahan. Dinamika sosial di lapangan, menjadi salah satu hambatan proses pembangunannya.

“Di negeri ini, yang lama bukan mengaspal jalan, (tapi) dinamika sosial dalam pembebasan,” katanya.

Proyek tol yang diklaim bakal menjadi tol terpanjang di Indonesia, dengan jarak sekitar 206,65 kilometer tersebut ditangani oleh pemerintah pusat. Namun, Pemprov dan Pemda kebagian tugas untuk mengawal proses pengerjaannya.

“Makanya doakan. Karena itu peran bupati, gubernur, urusan dinamika sosial,” ujar Kang Emil.

Tol yang akan menghubungkan Jawa Barat dari Bandung, menuju Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran hingga ke Cilacap Jawa Tengah ini sendiri, diketahui belum memiliki nama yang pasti.

Ada yang menyebutnya Tol Getaci, ada juga yang menyebutnya Tol Cigatas. Kang Emil mengatakan, jika ada warga yang memiliki aspirasi untuk penamaan tol ini, akan ditampung oleh pemerintah.

“Nama belum tahu. Kalau ada aspirasi dari warga, silakan,” pungkas Kang Emil.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.