Lahan Sawah Di Garut Sudah Darurat, Rudy Siapkan Langkah-Langkah

oleh -718 Dilihat

Bupati Garut, Rudy Gunawan

GARUTUPDATE.CO.ID, GARUT – Status darurat kekeringan ditetapkan Pemkab Garut setelah 2700 hektare lahan pertanian alami kekeringan. Pemkab Garut menyiapkan langkah agar kekeringan tak semakin meluas.

Dilansir dari tribunjabar.id, Bupati Garut, Rudy Gunawan, menuturkan, sudah lebih dari 2000 hektare lahan pertanian dan perkebunan mengalami kekeringan. Padahal wilayah yang mengalami kekeringan merupakan lahan produksi.

“Sudah sangat menyebar kekeringannya. Makanya sudah SOS ini. Harus segera ditangani. Makanya saya kumpulkan dinas terkait untuk atasi kekeringan ini,” ujar Rudy di Pendopo Garut, Rabu (11/9/2019).

Sebanyak 42 kecamatan di Garut, lanjutnya, sangat rawan terhadap kekeringan. Apalagi kekeringan yang terjadi masih sangat panjang.

“Informasinya sampai akhir Oktober masih kemarau. Harus ada tindakan apalagi menyangkut air,” katanya.

Tahun depan, Rudy merencanakan untuk penambahan sumber air untuk irigasi. Anggaran sebesar Rp 20 miliar akan disiapkan untuk pipanisasi dari sumber air ke lahan pertanian.

“Ada 20 sumber air baru. Investasinya sekitar Rp 10 miliar sampai Rp 20 miliar. Dari 20 titik itu, ada lima sumber air yang besar. Ada di Malangbong, Pendeuy, Banjarwangi, dan Pakenjeng,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.