Longsor Tutup Akses Menuju Banjarwangi

oleh -918 Dilihat

Proses evakuasi material longsor. (Foto: Polres Garut)

Banjarwangi – Longsor terjadi di Jalan Raya Banjarwangi, Garut pada Senin, 28 Agustus 2023 siang tadi. Akibatnya, akses jalan dari kawasan Cikajang menuju Banjarwangi, sempat tidak bisa dilalui.

Kapolsek Banjarwangi Iptu Amirudin Latif mengatakan, longsoran tebing ini, terjadi Senin siang, sekitar jam 13.30 WIB. Tepatnya di Jalan Raya Banjarwangi-Singajaya, yang terdapat di Kampung Legok, Desa Banjarwangi, Garut.

“Longsor terjadi sekitar jam setengah dua siang tadi. Saat ini, proses evakuasi material masih berlangsung,” kata Amir.

Longsor tersebut tiba-tiba saja terjadi. Material tanah, bebatuan hingga pohon tiba-tiba terjun dari sebuah tebing dan menutupi jalanan di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Menurut Amir, material longsor menutup akses jalan sepanjang 30 meter.

“Diduga karena tebing tidak kuat menahan beban material karena tidak ada pembatas,” katanya.

Petugas dari Polsek Banjarwangi, kemudian langsung meluncur ke lokasi untuk mengamankan situasi. Menurut Amir, sejak siang tadi, personelnya sedang berupaya melakukan proses evakuasi bersama-sama dengan masyarakat setempat.

“Saat ini, jalan sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua,” katanya.

Kendati demikian, kata Amir, petugas masih berjaga di lokasi. Sebab, polisi mengantisipasi terjadinya longsor susulan yang bisa membahayakan masyarakat. Tim di lapangan juga sedang menunggu bantuan alat berat untuk melakukan evakuasi secara menyeluruh.

“Kami pastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” pungkas Amir.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.