Maung Cold Storage, Solusi Bagi Nelayan Garut yang Kesulitan Simpan Hasil Tangkapan

oleh -796 Dilihat

Cikelet – Inovasi diluncurkan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mengatasi kesulitan masyarakat. Maung Cold Storage, jadi solusi bagi para nelayan yang kesulitan menyimpan hasil tangkapan.

Sebuah bangunan berukuran 18×14 meter berdiri gagah di kawasan SMKN 5 Garut yang berada di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut. Bangunan ini, bukan bangunan biasa. Melainkan lemari es raksasa, yang sangat berguna bagi masyarakat setempat.

Maung Cold Storage ini, diciptakan oleh anggota TNI dari Kodam III Siliwangi dan Kodim 0611/Garut yang bekerjasama dengan para pelajar di SMKN 5 Garut.

Mulanya, Maung Storage tercipta usai TNI mendapatkan keluhan dari para nelayan setempat, yang mengaku kerap rugi karena hasil tangkapannya tak keburu dijual.

Hal itu terjadi, karena para nelayan tidak memiliki lemari es penyimpanan hasil laut yang bisa menampung banyak ikan. Sedangkan, untuk bisa memasarkannya ke berbagai daerah, dibutuhkan waktu yang lumayan lama.

“Jadi ikannya busuk karena tidak ada alat menyimpan yang bisa menampung ikan sebelum dibawa ke kota besar. Akibatnya nelayan mengaku merugi,” ucap Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Mang Cold Storage ini, diresmikan secara langsung oleh Pangdam dan jajarannya, pada Selasa, 6 Juni 2023 kemarin. Menurut Kunto, alat ini mampu menampung 150 ton ikan dalam satu waktu.

“Memiliki kemampuan untuk membekukan ikan, hingga -40 derajat Celcius dengan mesin ABF atau suhu -20 derajat celcius dengan mesin freezer,” katanya.

Kunto berharap agar inovasi yang dihadirkan oleh pihaknya ini, bisa menjadi solusi untuk kesulitan yang selama ini dihadapi oleh nelayan. Dengan hadirnya alat ini, hasil tangkapan nelayan dari Garut Selatan bisa dipasarkan ke lebih banyak daerah.

Selain meresmikan Maung Cold Storage, pada kesempatan itu Pangdam juga menebar sebanyak 13 ribu ekor udang, 8 ribu ikan bandeng serta 200 ekor kepiting untuk menjaga keberlanjutan hasil laut.

Dalam acara ini, Pangdam didampingi sejumlah pejabat Garut. Di antaranya adalah Dandim 0611/Garut Letkol CZI Dhanisworo serta Kapolres AKBP Rio Wahyu Anggoro.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.