Para Juru Sembelih Bersiap Hadapi Kurban di Garut

oleh -813 Dilihat

Keseruan para juru sembelih berlatih menjinakan sapi. (Foto: Garut Update)

Tarogong Kidul – Para juru sembelih, saat ini sedang dipersiapkan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat dalam pelaksanaan ibadah Kurban. Mereka dibekali beragam ilmu, seputar menyembelih hewan.

Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah akan berlangsung di akhir bulan Juni 2023 ini. Semua pihak bersiap, termasuk para ahli sembelih hewan.

Sejak bulan Mei 2023 lalu, puluhan tukang jagal mendapatkan pelatihan mengelola proses penyembelihan dari Pemda Garut. Proses sosialisasi kepada para tukang jagal ini, dilaksanakan oleh Juru Sembelih Halal (Juleha) Garut.

Para penyembelih hewan kurban ini, mengikuti pelatihan terpusat yang dilakukan oleh Juleha. Ada banyak hal, yang wajib diketahui oleh ahli sembelih sebelum proses penyembelihan dilakukan.

“Kadang kita kalau kabur itu suka dikejar. Itu semakin ngamuk sapinya. Jadi, karena sapi itu berkomunitas, kalau kabur itu biarkan saja. Cuman, bawa sapi yang lebih lembut lepaskan. Nanti, dia pun akan jinak dengan sendirinya,” ungkap Ketua DPD Garut Juleha Garut Dodiet Alidy.

Beragam ilmu pengetahuan seputar menyembelih hewan kurban ini. Sebab, tanpa dibekali ilmu yang mumpuni seputar hewan, para penyembelih akan kewalahan dalam menangani hewan kurban.

“Para penyembelih ini harus memahami juga karakter hewan, khususnya sapi,” ungkap Dodiet.

Para penyembelih hewan ini, diharapkan bisa dalam kondisi prima dan siap dalam pelaksanaan kurban nanti setelah mengikuti pelatihan dengan Juleha.

“Di samping halal, juga toyyib. Higienis istilahnya. Itu sangat penting dilakukan oleh kita, khususnya oleh umat muslim. Maka, sangat penting dilakukan pelatihan semacam ini,” pungkas Dodiet.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.