Pemda Garut Latih Pengurus Desa Wisata untuk Antisipasi Kecelakaan Air

oleh -859 Dilihat

Pelatihan keselamatan bagi pemandu wisata tirta di Garut. (Foto: Pemda Garut)

Tarogong Kaler – Pemda Garut melatih pengurus desa wisata, untuk bisa melakukan penyelamatan wisatawan di air. Hal ini dilakukan, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang bisa terjadi di tempat wisata dengan wahana air.

Pelatihan bagi para pengurus desa wisata ini, dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kabudayaan (Disbudpar) Garut, di Hotel Cahaya Villa, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Senin, 19 Juni 2023.

“Dalam pelatihan ini, para pemandu tempat wisata dibekali wawasan, kemampuan dan keterampilan dalam keselamatan wisata tirta yang banyak di Garut,” kata Kadisbudpar Garut Agus Ismail.

Ada sekitar 40 orang pemandu wisata, yang mengikuti pelatihan keselamatan wisata tirta yang diselenggarakan Disbudpar Garut bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ini.

Pelatihan ini diselenggarakan atas dasar banyaknya wisata tirta yang terdapat di Kabupaten Garut. Mulai dari kolam renang, sungai, situ hingga pantai. Hal ini berakibat pada rawannya tingkat kecelakaan di air, yang bisa saja menimpa wisatawan.

“Kami tentunya berharap, dengan adanya pelatihan ini, menjadikan destinasi wisata yang ada di Garut aman, tertib dan kecelakaan bisa diminimalisir,” katanya.

Sementara Sekretaris BPBD Garut Kartika Sari Putri menjelaskan, pelatihan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengedukasi para pemandu keselamatan wisata tirta di Garut.

“Pada kesempatan kali ini, saya lebih berbicara terkait dengan resiko bencananya seperti apa. Kemudian upaya mitigasi apa yang bisa dan akan dilaksanakan terkait dengan wisata tirta,” ujar Kartika.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.