Pemda Garut Siapkan Tim Khusus untuk Antisipasi Kekeringan

oleh -814 Dilihat

Bupati Garut, Rudy Gunawan (Foto: Pemda Garut)

Tarogong Kidul – Bupati Garut Rudy Gunawan mengintruksikan jajarannya untuk membuat Satuan Tugas Penanganan Kekeringan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan di Kabupaten Garut.

“Ini sudah saya perintahkan. Kita gelar pertemuan dengan para kepala desa yang masuk peta kekeringan,” kata Rudy, Senin, 19 Juni 2023.

Potensi kekeringan, saat ini sedang memuncak seiring dengan fenomena El Nino, yang diprediksi akan terjadi. El Nino, merupakan sebuah fenomena suhu muka laut (SML) yang terjadi di Samudera Fasifik.

Kekeringan sendiri, biasanya tiap tahun terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Garut. Mulai dari kawasan Garut Utara seperti Cibatu hingga Malangbong, sampai di kawasan Garut bagian selatan.

Satgas yang akan dibentuk ini, kata Bupati Rudy, nantinya akan efektif untuk melakukan penanggulangan kekeringan hingga di tingkat kecamatan.

Selain memetakan wilayah yang berpotensi terjadi kekeringan, pihaknya juga mulai menyiapkan kebutuhan masyarakat saat terjadinya kekeringan. Salah satu yang paling krusial, adalah pasokan air bersih.

“Kita akan bahas seperti apa strateginya. Nanti akan disalurkan juga pasokan air bersih ke daerah yang mengalami kekeringan,” pungkas Rudy.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.