Pengelolaan Desa Wisata di Garut Diharap Lebih Mantap dan Profesional

oleh -1267 Dilihat

Pelatihan pengelolaan homestay. (Foto: Pemda Garut)

Tarogong Kaler – Puluhan orang dari berbagai desa wisata yang ada di Garut, dilatih keterampilannya, dalam mengelola desa wisata dan rumah singgah. Mereka diharapkan bisa lebih profesional dan memanjakan setiap wisatawan yang datang.

Pelatihan Pengelolaan Homestay yang diadakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut ini, dilaksanakan di aula hotel Cahaya Vila, yang ada di Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, pada Rabu, 7 Juni 2023.

Menurut Kadisbudpar Garut Agus Ismail, ada sekitar 40 orang pengelola desa wisata yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Dia menerangkan, jika kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan edukasi bagi para pengelola, agar bisa lebih mantap dan profesional dalam mengembangkan desa wisata.

“Karena desa wisata adalah salah satu potensi wisata yang cukup menyedot minat wisatawan,” kata Agus.

Agus menjelaskan, untuk menjadikan desa wisata menjadi lebih baik, Pemda Garut memiliki konsen untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang siap dan terampil dalam melakukan manajerial, di samping pengembangan wisatanya itu sendiri.

“Kita memperoleh dana alokasi khusus non fisik dari Kementerian Pariwisata. Itu untuk meningkatkan sumber daya manusia dari sisi pelayanan desa wisata khususnya pengelolaan homestay,” ungkap Agus.

Agus berharap, melalui kegiatan ini para peserta bisa lebih baik dalam mengelola desa wisata. Terlebih, bagi mereka yang desa wisatanya memiliki layanan homestay yang bisa dinikmati wisatawan.

“Kita berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas pengelolaan,” pungkas Agus.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.