PMI Ikut Aksi Bersih-bersih Eceng Gondok di Situ Bagendit

oleh -724 Dilihat

Kader PMI Garut melakukan aksi bersih-bersih Situ Bagendit. (Foto: Istimewa/Dok. PMI Garut)

Banyuresmi – Sejumlah elemen masyarakat dan unsur pemerintahan membersihkan Situ Bagendit di Banyuresmi. Kegiatan bersih-bersih Bagendit ini, disambut antusias oleh masyarakat.

Aksi bersih-bersih Situ Bagendit yang berada di Jalan KH Hasan Arief, Kecamatan Banyuresmi ini, berlangsung pada Jumat, 26 Mei 2023 pagi kemarin.

Pelaksanaannya, dipantau langsung oleh Wakil Bupati Garut Helmi Budiman. Para pelaku bersih-bersih Situ Bagendit ini, berasal dari beberapa instansi seperti Polri, TNI, Pemda Garut, Tagana, Pramuka, hingga Palang Merah Indonesia (PMI) yang ikut ambil bagian.

“Dari nelayan, kemudian dari masyarakat setempat juga mungkin sudah pada turun,” kata Helmi.

Proses bersih-bersih Situ Bagendit ini, dilaksanakan gotong-royong oleh seluruh unsur yang terlibat. Untuk mempermudah jalannya proses pembersihan, alat berat juga dikerahkan.

Helmi memprediksi, dibutuhkan waktu selama 150 hari, untuk membersihkan area Situ Bagendit seluas 50 hektare yang tertutup teratai dan eceng gondok.

“Ini kan (luas Bagendit) 100 hektare lebih, nah setengahnya tertutup oleh eceng gondok dan teratai,” katanya.

Helmi mengajak masyarakat dan pihak-pihak lainnya untuk ikut serta dalam pelestarian lingkungan, seperti aksi bersih-bersih Situ Bagendit ini. Peran masyarakat, kata Helmi, sangat dibutuhkan untuk menjaga lingkungan.

“Jadi memang ini kolaborasi. Bagaimana mengelola Bagendit ini, yang semua kita saksikan memang kita lihat eceng gondok setengahnya,” pungkas Helmi.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.