Polisi Tangkap Pelaku Begal di Cibalong

oleh -1019 Dilihat

Polisi menggelar jumpa pers pengungkapan kasus C3. (Foto: Polres Garut)

Karangpawitan – Polisi menangkap seorang pria berinisial IL. Pemuda ini ditangkap usai melakukan aksi pembegalan terhadap warga di Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut.

Aksi pembegalan yang dilakukan IL dan seorang rekannya bernama OV ini, terjadi di kawasan Jalan Kampung Bendungan, Desa Sagara, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, pada Rabu, 26 Juli 2023 silam.

Menurut Kapolres Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha, saat kejadian, IL dan OV merampas sebuah sepeda motor berjenis Honda Beat milik seorang pemuda setempat bernama Eki. Modusnya, mereka berpura-pura menanyakan alamat kepada korban.

“Pelaku ini modusnya pura-pura bertanya. Saat mendekati korban, salah satu tersangka mengacungkan golok hingga berjarak sekitar 1 cm dengan leher korban,” kata Yonky.

Tersangka memaksa korban untuk menyerahkan sepeda motor yang dibawanya. Lantaran takut, korban yang tak berdaya kemudian berat hati menyerahkan motornya itu ke kedua pelaku yang saat itu terus mengancam.

“OV berperan sebagai yang mengancam korban. Sedangkan tersangka IL, berada di atas motornya, sambil mengawasi keadaan sekitar,” ungkap Yonky.

Aksi pencurian itu, diketahui oleh warga setempat, setelah korban berteriak minta tolong. Warga yang mendengar teriakan korban kemudian langsung berbondong-bondong datang dan berusaha menangkap keduanya.

Kedua pelaku lari tunggang-langgang. OV nyemplung ke sungai hingga akhirnya berhasil dikepung warga dan ditangkap. Sedangkan IL berhasil lari dan menghilang. Yonky menjelaskan, perjalanan IL dalam sembunyi tak berjalan lama, setelah tim Sancang dari Polres Garut berhasil meringkusnya di Kecamatan Sukaresmi belum lama ini.

Dari tangan kedua tersangka, polisi menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya adalah sebuah sepeda motor, kunci astag, magnet dan peralatan untuk membobol motor. Mereka dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan.

“Ancaman hukumannya 9 tahun penjara,” pungkas Yonky.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.