Program Sertifikasi Tanah dari ATR/BPN Diapresiasi Bupati Garut

oleh -972 Dilihat

Tarogong Kaler – Bupati Garut Rudy Gunawan menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (HANTARU) Tahun 2023. Dalam pembicaraannya, Bupati Rudy mengapresiasi kinerja ATR/BPN khususnya dalam program sertifikasi tanah milik warga Garut.

Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional tingkat Kabupaten Garut tahun 2023 ini, diselenggarakan di Halaman Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Garut, Jalan Suherman, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Senin, 25 September 2023.

Dalam sambutannya, Bupati Rudy Gunawan mengucapkan selamat atas peringatan HANTARU ke-63. Ia juga membanggakan keberhasilan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Garut, yang telah mendapatkan perhatian dari Presiden RI dalam tiga kunjungannya.”Jadi program PTSL dan program Reforma Agraria di Garut itu telah dilaksanakan dan berhasil,” ucap Bupati Garut.

Rudy menjelaskan bahwa dua reformasi agraria sukses telah dilakukan di Kabupaten Garut, yakni di Perkebunan Harjasari Selecta dan Kampung Badega.

Di momen HANTARU ke-63 ini, Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada ATR/BPN Kabupaten Garut atas kinerja luar biasa yang mereka tunjukkan. Ia memuji kekompakan pimpinan daerah Garut dalam memberikan penghormatan kepada ATR/BPN.

“Jadi artinya pimpinan daerah saya ajak untuk memberikan penghormatan kepada BPN yang berkinerja baik,” ujarnya.

Kepala ATR/BPN Kabupaten Garut, Muhamad Rahman, menjelaskan beberapa rangkaian kegiatan dalam peringatan HANTARU ke-63. Termasuk di dalamnya kegiatan olahraga tingkat provinsi dan pusat.

“Tahun ini kami ada penanaman pohon dalam waktu dekat ini, kemudian ada anjangsana juga untuk anak-anak yatim piatu, juga nanti insya Allah ada jalan santai,” ucap Rahman.

Rahman juga mengungkapkan program pensertifikatan tanah, terutama program PTSL, yang mendapat respons positif dari masyarakat Garut. Target yang semula 38 ribu bidang tanah, kini bertambah menjadi 66.250 bidang tanah untuk masyarakat.

“Jadi kita punya target hari ini di Garut ini 6.6250 bidang, bayangin itu 6.6250 bidang untuk Kabupaten Garut itu hanya khusus dari program PTSL,” katanya.

Program lainnya, seperti redistribusi tanah, juga mencapai kemajuan signifikan dengan 50% sertipikat yang sudah terbit. Program sertifikat aset pemerintah daerah dari KPK RI juga sukses dengan 91% sertifikat terbit.
Selain itu, program sertifikat lintas sektor (lintor) termasuk sertifikat tanah wakaf, nelayan, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga turut membantu masyarakat Garut.

“Ada lagi sertifikasi namanya BMN Barang Milik Negara itu yang ini khusus untuk instansi-instansi pemerintah pusat kita sudah 99% sudah selesai targetnya,” ungkapnya.

“Yang UMKM-UMKM itu untuk membantu bagaimana mereka cepat dari sisi permodalan dibantu oleh pemerintah. Kita targetnya 820 bidang kalau gak salah ya, 820 bidang betul. Itu sekarang capaiannya sudah 40% lebih sudah mau masuk ke 50%,” tandasnya.

Di momen ini, penghargaan dan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 tahun dan 20 tahun diberikan kepada 11 PNS di Kantor ATR/BPN Garut. Empat karyawan Kantor Pertanahan Kabupaten Garut juga dilepas purnabakti tahun 2023. Selain itu, juga dilakukan penyerahan sertifikat tanah aset Pemerintah Provinsi Jawa Barat peruntukkan SMA Negeri 27 Garut, penyerahan simbolis 105 sertifikat tanah aset Pemerintah Kabupaten Garut, penyerahan sertifikat tanah wakaf, penyerahan sertifikat Lintas Sektor (lintor) kategori UKM, penyerahan sertifikat Lintor kategori nelayan, dan penyerahan sertifikat PTSL.

Dalam momentum yang sama, Bupati Garut memberikan penghargaan kepada Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Garut atas pengabdian dan peran aktifnya dalam membantu masyarakat dan pemerintah daerah dalam bidang pertanahan.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.