Situ Bagendit Bakal Diresmikan Presiden Jokowi Bulan Agustus 2023

oleh -21524 Dilihat

Tarogong Kidul – Situ Bagendit bakal diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo. Kabarnya, peresmian Situ Bagendit akan dilaksanakan pada akhir bulan Agustus 2023 ini.

Hal tersebut diungkap oleh Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, saat diwawancarai wartawan, Senin, 24 Juli 2023 pagi di lapangan Setda Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul.

“Untuk bagendit, akan segera diresmikan. Kita sedang mempersiapkan,” kata Helmi.

Helmi menjelaskan, peresmian Situ Bagendit akan dilaksanakan pada akhir bulan Agustus 2023. Untuk merealisasikan hal itu, pihak Pemda Garut sudah berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Menurut Helmi, rencananya Situ Bagendit akan diresmikan secara langsung, oleh Presiden Republik Indonesia, Jokowi.

“Rencananya kita sama Pak Presiden. Ya kita juga antisipasi, kalau pak presiden enggak bisa, sama pak menteri. Kalau pak menteri gak bisa, ada pak gubernur. Tetapi tetap kita undang terutama Pak Presiden,” ujar Helmi.

Helmi menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menggeber proses pembersihan Situ Bagendit, yang ditumbuhi eceng gondok. Pemda sedang meminta bantuan ke BBWS untuk meminjam alat berat.

“Kita sekarang sedang meminta bantuan kepada BBWS, menurunkan Beko amfibi. Kita sudah komunikasi,” pungkas Helmi.

Situ Bagendit sendiri diketahui direvitalisasi sejak tahun 2020 silam, dan rampung di tahun 2022 lalu. Pengerjaannya dilaksanakan oleh Kementerian PUPR.

Perbaikan Situ Bagendit ini, diketahui menelan dana sebanyak Rp 87,73 miliar, yang bersumber dari APBN Kementerian PUPR.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.