Syukuran Menang Kepala Desa Warga Banyuresmi ‘Ngubek Balong’

oleh -838 Dilihat

Ribuan warga Sukasenang ngubek balong syukuran menang Kepala Desa

GARUTUPDATE.CO.ID, GARUT – Pemandangan tidak biasa terlihay di Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi ribuan warga saling berebut ikan di kolam dengan tangan kosong atau ‘ngagogo lauk’. Warga dari usia anak-anak hingga dewasa, turun ke kolam untuk mendapatkan ikan

Hal ini dilakukan dalam rangka menggelar pesta rakyat usai kepala desa petahana yang diusungnya terpilih kembali. Syukuran pilkades tersebut digelar warga di sebuah kolam di Kampung Cikarokrok.

Sejak pukul 12.00, warga sudah memenuhi pinggir kolam. Meski cuaca panas, warga sangat antusias untuk bisa segera menangkap ikan.

Ujang Rahmat (48), salah seorang warga mengaku ngagogo lauk tersebut dilakukan sebagai rasa syukur. Selain sebagai pesta rakyat, ngagogo lauk juga jadi ajang persatuan warga pascapilkades.

“Anak-anak sampai orang tua semuanya turun ke kolam. Harus tangkap ikan pakai tangan kosong. Tidak boleh pakai jaring,” ujar Ujang disela ngagogo lauk, Sabtu (9/11).

Meski kesulitan mencari ikan di tengah air kolam bercampur lumpur, warga terlihat semringah. Teriakan gembira dirasakan saat bisa menangkap ikan.

“Kemarin kan sudah tegang waktu pilkades. Sekarang waktunya warga berkumpul dan berbagi kebahagiaan,” ucapnya.

Kepala Desa Sukasenang, Iwan Ridwan, mengatakan, ngagogo lauk diadakan sebagai bentuk rasa syukur dirinya terpilih juga untuk memeriahkan hari pahlawan. Sebanyak 50 warga juga mencukur pelontos rambut kepalanya.

“Ada 2,5 kuintal ikan yang bisa ditangkap warga. Ribuan warga turun ke kolam untuk saling menangkap ikan,” kata Iwan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.