Tangis Haru Warga Garut Antar Keberangkatan Ratusan Jemaah Haji

oleh -805 Dilihat

Garut Kota – Hari ini, Selasa 23 Mei 2023 ratusan jemaah haji asal Garut berangkat ke tanah suci. Tangis keluarga, mengiringi pemberangkatan mereka.

Ratusan jemaah haji asal Garut diberangkatkan secara serentak dari Pendopo Garut, Kecamatan Garut Kota, Selasa pagi tadi. Keberangkatannya, dilepas langsung oleh Bupati Rudy Gunawan.

Tangis, haru dan bahagia, mengiringi berangkatnya ratusan warga Garut ini, untuk beribadah di tanah suci. Banyak keluarga yang mengantar, bahkan datang jauh sebelum proses terjadi.

“Hari ini saya mengantar ibu saya. Semoga ibu saya lancar beribadahnya dan bisa kembali lagi ke rumah dengan selamat,” kata Iwan, salah seorang pengantar jemaah haji, asal Karangpawitan.

Sementara Aton Sutiana (52), salah seorang jemaah haji asal Garut mengaku memiliki perasaan yang campur aduk hari ini. Bagaimana tidak, dia sudah menunggu keberangkatan sejak sepuluh tahun lalu.

“Perasaan sudah tidak bisa diungkapkan dalam kata-kata. Sedih, terharu saja dan bahagia, bisa berangkat tahun ini. Persiapannya sih ya satu mental, manasik, segala kita harus siap. Yang penting ikhlas saja,” kata Aton.

Dalam pemberangkatan jemaah haji asal Garut kloter pertama ini, sebanyak 400 orang warga Garut berangkat ke tanah suci. Bupati Rudy Gunawan yang mengantar langsung keberangkatan menyampaikan pesan-pesannya dalam sambutan.

“Selaku Bupati Garut, saya tidak was-was. Kepergian bapak-ibu yang hari ini 400 orang, akan dibimbing oleh pembimbing dari KBIH, yang tentu saja akan memberikan perhatian khusus,” kata Rudy.

Rudy mengatakan, karena cuaca yang saat ini dilaporkan sedang panas terik di Arab Saudi, dia berpesan agar para jemaah untuk tidak mengkonsumsi minuman yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

“Kemudian juga yang harus diperhatikan adalah name tag. Karena itu memberikan kepastian bapak-ibu kalau tersesat akan kembali lagi di mana kita berada di Madinah maupun amekah,” pungkas Rudy.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.