Update Keun! Jaket Kulit hingga Olahan Akar Wangi Garut Goes to Malaysia

oleh -237 Dilihat
Produk jaket kulit hingga kerajinan akar wangi dari Garut dipamerkan di Johor, Malaysia. (Foto: Dok. Pemda Garut)
Produk jaket kulit hingga kerajinan akar wangi dari Garut dipamerkan di Johor, Malaysia. (Foto: Dok. Pemda Garut)

Johor – Beragam produk kerajinan khas dari Kabupaten Garut ditampilkan di Negeri Jiran, Malaysia. Produk-produk buatan IKM dari Kota Dodol itu, memikat warga setempat yang datang dalam gelaran festival musik dan makanan Nusantara tersebut.

Produk-produk buatan Industri Kecil Menengah (UKM) dari Kabupaten Garut, ditampilkan oleh Pemda, dalam pameran bertajuk Nusantara Music dan Johor Food Festival, yang berlangsung di Stadium Tertutup Majlis Bandaraya Pasir Gudang, Johor, Malaysia, 3 sampai 5 Maret 2023.

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Garut, Diah Kurniasari mengatakan, Pemda Kabupaten Garut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, dengan membawa beragam produk yang dibuat para IKM binaannya.

“Kami membawa produk berupa kerajinan akar wangi hingga kulit ke Pameran di Malaysia. Tujuannya tentu, agar produk buatan IKM dari Garut bisa dikenal luas di Mancanegara,” kata Diah, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Garut Update, Selasa, 7 Maret 2023.

Diah mengatakan, beragam produk asli dari Kabupaten Garut ditampilkan di sana. Mulai dari jaket kulit, hingga produk menarik dari akar wangi. Produk akar wangi asal Garut, lanjut Diah, saat ini tak hanya bisa dimanfaatkan untuk pembuatan minyak atsiri akar wangi atau vetiver oil. Tapi, sudah bisa disulap menjadi beragam produk yang bernilai tinggi di pasaran.

“Makanya tak heran, jika produk ini kita bawa untuk dipamerkan di Malaysia. Apalagi produk kulit, yang sebelumnya sudah kita bawa juga untuk dipamerkan di Lineapelle Leather Fair di Milan, Italia tahun lalu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disperindag ESDM Kabupaten Garut, Nia Gania Karyana, menuturkan, dengan berpartisipasinya beberapa produk dari Kabupaten Garut di acara Nusantara Music dan Johor Food Festival 2023 ini, diharapkan mampu memperluas pasar produk khas Garut khususnya di pasar mancanegara.

“Dengan berpartisipasinya kedua produk dari Kabupaten Garut tersebut di acara Nusantara Music & Johor Food Festival 2023, diharapkan dapat menjadi perhatian bahwa produk-produk IKM dari Kabupaten Garut memiliki kualitas dan keunikan sehingga memperluas pasar bagi produk-produk ini, juga dapat menjadi jalan bagi produk-produk IKM Kabupaten Garut yang lain untuk semakin dikenal di pasar mancanegara,” tandasnya.

Nusantara Music & Johor Food Festival 2023 sendiri merupakan festival yang menyatukan keberagaman dalam satu acara yang memperlihatkan keunikan seni musik, tarian, budaya dari tiga negara yaitu Malaysia, Indonesia dan Singapura. 

Acara yang dihelat selama 3 hari ini melibatkan lebih dari 300 vendor yang terdiri dari selebriti, pegiat media sosial, serta dimeriahkan dengan program menarik kepada para pengunjung yang hadir di antaranya seni & kerajinan tangan, pesta kopi, forum, bengkel dan bazar. 

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.