Wabup Helmi Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

oleh -892 Dilihat

Helmi Budiman dalam perayaan Hari Lingkungan Hidup. (Foto: Pemda Garut)

Garut Kota – Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan. Salah satu hal yang bisa dilakukan masyarakat untuk menjaga lingkungan, adalah dengan mengurangi pemakaian plastik.

Ajakan itu, diungkap Wabup Helmi, di sela-sela peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2023, yang dilaksanakan Pemda Garut pada Senin, 12 Juni 2023 pagi tadi di kawasan Copong, Kecamatan Garut Kota.

Helmi mengatakan, mengurangi penggunaan plastik menjadi salah satu langkah mudah yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk menjaga lingkungan.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk membatasi pemakaian plastik. Lebih menggunakan tempat atau wadah yang ramah lingkungan,” kata Helmi.

Sampah plastik, dikatakan Helmi, saat ini sedang menjadi salah satu fokus dari Pemda Garut untuk diberangus. Untuk memberantas sampah plastik di Garut, Pemda sedang menjalin kerja sama dengan pihak swasta.

Yayasan Bakti Barito, dipilih menjadi tandem Pemda Garut dalam mengurangi volume sampah plastik. Sebab, yayasan ini diketahui bisa mengolah plastik, menjadi campuran aspal.

“Dan kita juga sekarang sudah menggunakan aspal dengan campuran limbah plastik di beberapa ruas jalan ini. Biayanya sama, tapi kekuatannya lebih unggul,” ungkap Helmi.

Hari Lingkungan Hidup tahun 2023, yang jatuh pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya ini baru diperingati oleh Pemda Garut hari ini. Ada beberapa kegiatan simbolis yang dilakukan pemerintah di Garut, dalam memperingati.

Mulai dari menanam pohon hingga melepasliarkan sejumlah burung ke alam bebas. Di tahun ini, Pemda Garut mengusung tema ‘Solusi untuk Polusi Plastik’ dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.