Waspada Jalur Penyaluran TKI Ilegal di Garut

oleh -827 Dilihat

Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro. (Foto: Garut Update)

Karangpawitan – Pihak kepolisian saat ini sedang gencar melakukan penindakan terhadap penyalur tenaga kerja Indonesia (TKI) yang tidak sesuai prosedur. Polisi meminta masyarakat untuk tidak terjerumus ke dalam lingkaran penyalur kerja ilegal ke luar negeri.

Menurut Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro pihaknya mengimbau agar masyarakat waspada, dan tidak ikut-ikutan dalam penyaluran TKI Ilegal ke luar negeri.

“Kami mengimbau agar masyarakat waspada. Jika menemukan praktik demikian, silakan lapor ke kami,” kata Rio kepada wartawan.

Pihak kepolisian sendiri saat ini sedang gencar melakukan penindakan terhadap dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), tidak terkecuali di Kabupaten Garut.

Belum lama ini, polisi diketahui menggerebek dua kantor perusahaan penyalur TKI ke luar negeri, yang diketahui beroperasi tanpa izin, alias ilegal.

Kedua perusahaan tersebut berada di Kecamatan Tarogong Kaler dan Karangpawitan. Dari hasil penggerebekan, polisi mengamankan sebanyak 14 orang, yang terdiri dari 12 orang korban dan 2 pemilik perusahaan.

Rio menuturkan, ada beragam cara atau modus, yang dilakukan para pelaku dalam menjalankan aksinya. Mulai dari menawarkan pekerjaan di luar negeri, hingga membantu pembuatan paspor.

“Mereka menyeludupkan korbannya ke negara lain, bukan untuk tujuan yang ditawarkan di awal,” katanya.

Polisi membuka layanan pengaduan, jika masyarakat menemukan adanya dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang. Masyarakat bisa melapor melalui media sosial resmi Polres Garut, juga bisa datang langsung ke Mako Polres Garut di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Karangpawitan, Garut.

“Pelaku TPPO ini bisa dijatuhi hukuman 15 tahun penjara,” pungkas Rio.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.