Waspada Penipuan Modus Undangan Pernikahan

oleh -781 Dilihat

Waspada penipuan modus aplikasi melalui WhatsApp. (Foto: Istimewa/Pemda Garut)

Tarogong Kidul РPenipuan dengan modus pesan berisi aplikasi, saat ini sedang meresahkan masyarakat. Simak dan hati-hati, jika menerima pesan berisi seperti ini.

Penipuan dengan modus mengirim pesan via WhatsApp, saat ini sedang meresahkan masyarakat. Para pelaku diketahui mengirim pesan melalui WhatsApp, yang menyatakan beragam hal. Mulai dari mengirim hadiah, hingga undangan pernikahan.

Dampaknya, sangat fatal. Jika sang penerima pesan terjebak dengan perangkap ini, ponsel penerimanya bisa teretas, atau hingga saldo di rekening mereka terkuras. Sebab itu, masyarakat diminta untuk waspada dengan ancaman penipuan dengan modus tersebut.

Pemda Garut, secara khusus mengeluarkan edaran terkait hal tersebut. Pemda meminta, agar masyarakat waspada. Seperti dilihat Garut Update Senin, 22 Mei 2023, dalam edaran tersebut Pemda menginformasikan hal apa saja yang perlu diperhatikan masyarakat, untuk terhindar dari modus penipuan ini.

“Waspada modus baru tipu-tipu,” tulis dalam edaran Pemda Garut itu.

Salah satu hal yang paling mudah untuk diperhatikan oleh masyarakat, adalah adanya keterangan .APK dalam pesan yang dikirim orang tak dikenal. Misalnya, Undangan Nikah Digital.APK, Surat Tilang.APK, hingga Foto Paket.APK. APK, merupakan format aplikasi yang biasanya berisi virus yang bisa meretas ponsel.

“jangan klik file APK, link, dan hati-hati undangan join grup dari akun palsu Telegram Veronika atau WhatsApp dari orang yang tidak dikenal,” katanya.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.