Waspada Penyakit Menular di Garut

oleh -824 Dilihat

Bupati Garut Rudy Gunawan. (Foto: Istimewa/Diskominfo Garut)

Tarogong Kaler – Bupati Garut Rudy Gunawan meminta agar masyarakat mewaspadai penularan penyakit. Rudy meminta jajarannya untuk melakukan langkah pencegahan.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Rudy, saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) dan Evaluasi, Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif dan Respons Penyakit tingkat Kabupaten Garut di Hotel Harmoni, Kecamatan Tarogong Kaler, pada Senin, 29 Mei 2023.

“Ini ada preventif yang berhubungan dengan penyakit tidak menular. Jadi, namanya ketahanan kesehatan keluarga dengan Germas, dengan STBM. Itu digerakkan,” kata Rudy.

Rudy mengatakan, ada beberapa penyakit menular yang saat ini dalam pemantauan pihaknya. Mulai dari Covid-19 yang kasusnya masih ditemukan hingga sekarang, hingga penyakit Aids dan Tuberkulosis (TB).

Rudy mengatakan, pihaknya meminta masyarakat untuk mewaspadai penyakit yang mengintai. Apalagi, saat ini cuaca ekstrem dilaporkan sedang terjadi di seluruh wilayah.

“Puskesmas saya kumpulkan ini di antaranya adalah menghadapi perubahan iklim salah satunya. Sekarang panas, hujan, dingin segala macam. Kita harus ada preventif. Mulai dari kesiapan obat, ambulans saya siap siagakan,” katanya.

Rudy menambahkan, saat ini pihaknya sedang bernegosiasi dengan pemerintah pusat, melalui Kemenkes RI. Negosiasi yang dilakukan perihal kesiapan Garut untuk dijadikan lokasi Integritas Layanan Primer (ILP) pertama di Indonesia.

“Sekarang kita juga ingin memperkuat Pustu. Kemarin kan Posyandu, sekarang Pustu. Kalau Pustu itu bisa diklaim ke BPJS, tapi Pustu di kita kondisinya tidak layak,” pungkas Rudy.

(Abd/Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.